Selasa, 26 Desember 2017

Molekul Penyusun Makhluk Hidup; AIR

Water / Air

Air merupakan molekul sederhana yang memiliki peran besar dalam kehidupan manusia. Bahkan, tubuh kita terbentuk dari -+80% air. lalu, bagaimana air dapat terbentuk? apa saja sifat sifat yang dimiliki air? dan apa hubungan sifat dan fungsi air? hal tersebut akan kita ulas dibawah ini.

1. Sifat yang Membentuk Air

    # Air terbentuk dari 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom oksigen (O)
~ Sudut ikatan dua hidrogen hampir 105 ° (derajat) daripada 180º (derajat) yang akan membuat molekul simetris. Hal ini menyebabkannya menjadi dipolar.
      # Air memiliki sifat dipolar
~ Sifat Dipolar air adalah dimana air memiliki 2 jenis muatan. yaitu O yang memiliki muatan sedikit negatif (-) dan H yang memiliki muatan sedikit positif (+). 
Hal tersebut terjadi karena pemakaian elektron bersama antara O dan H, elektron lebih lama beredar di wilayah O, sehingga menyebabkan O memiliki muatan sedikit negatif (-) dan H memiliki muatan sedikit (+).
     #  Molekul air yang berdekatan akan membentuk Ikatan Hidrogen
~ Jika molekul- molekul air tersebut berdekatan akan membentuk ikatan hidrogen. ciri dari ikatan hidrogen adalah mudah terbentuk sekaligus mudah rusak.

Hal tersebut dapat dibuktikan ketika kita mencelupkan tangan kita kedalam air. Air tersebut akan terbelah mengikuti bentuk tangan kita. Namun, saat tangan kita angkat, air tersebut kembali merapat ke posisi semula. 

2. Hubungan Antara Struktur Air dan Fungsinya 

     # Air Sebagai Pelarut yang Universal
~ Air merupakan pelarut bagi senyawa polar. Sementara, sebagian besar senyawa yang terlibat dalam makhluk hidup merupakan senyawa polar. jadi dapat disimpulkan bahwa air merupakan pelarut yang universal.
~  Bagaimana caranya?
"Molekul air akan menarik senyawa polar dan mengelilingi senyawa yang akan dilarutkan ke sisi yang tepat"

Air terdiri atas sisi O yang bermuatan sedikit negatif (-) dan sisi H yang bermuatan sedikit positif (+). sisi O yang bermuatan sedikit negatif akan mengelilingi senyawa/unsur yang bermuatan positif. Sementara, sisi H yang bermuatan sedikit positif akan mengelilingi senyawa/unsur yang bermuatan negatif.
     # Air sebagai media transportasi 
~Memiliki sifat kohesi (daya ikat antara molekul sejenis), sehingga molekul-molekul air beserta molekul lain yang terlarut di dalamnya dapat ditransportasikan bersama-sama di dalam badan air di sepanjang pembuluh angkut.
~Air juga memiliki sifat adhesi (air dapat melekat pada zat lain), sehingga air dapat melekat dengan dinding pembuluh untuk melawan gaya gravitasi. —Air juga memiliki sifat adhesi (air dapat melekat pada zat lain), sehingga air dapat melekat dengan dinding pembuluh untuk melawan gaya gravitasi.
    # Air sebagai penstabil suhu
~ Ikatan hidrogen dalam air membatasi pergerakan molekul-molekul air Maka dari itu, untuk menaikkan suhu air diperlukan energi yang relatif besar sehingga air memiliki suhu yang stabil.
~ karena memiliki suhu yang stabil, air memiliki porsi yang sangat besar untuk kelangsungan makhluk hidup agar membuat suhu mereka tetap stabil. (pada manusia 3/4 dari tubuhnya adalah air).
   # Kepadatan dan Sifat Pembekuan Air 
~ Air merupakan zat kimia yang istimewa. Bentuk padat air kurang rapat dibandingkan bentuk cairnya. Hal ini menyebabkan es yang membeku akan mengapung (lbh ringan). sehingga untuk di daerah kutub tetap tersedia badan air (dibagian bawah) untuk kehidupan biota laut.
   
Sekian dan Terimakasih^^ #Thok's



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makromolekul III;Pengertian, Struktur, Penggolongan, Sifat, Kegunaan, Uji LIPID/LEMAK

  LIPID 1.     Pengertian Lipid Lemak (lipid) merupakan senyawa yang tidak dapat larut dalam air. Secara umum istilah lemak merujuk pa...