Kamis, 28 September 2017

TAHAPAN REAKSI GELAP (SIKLUS CALVIN)

~Biology Time😀

Reaksi gelap adalah tahap kedua dalam proses fotosintesis yang disebut juga dengan nama siklus Calvin. Reaksi gelap menggunakan karbondioksida (CO2) untuk membentuk gliseraldehida 3 fosfat (PGAL) yang merupakan gula berkarbon 3.
Reaksi dalam siklus calvin dibagi menjadi 3 tahapan, Yaitu: Tahap Fiksasi karbon, Tahap Reduksi dan Tahap Regenerasi RuBP.

  • Tahap Pertama; FIKSASI KARBON
3CO2 dalam udara diikatkan dengan 3 senyawa berkarbon 5 Ribulose 1,5 biphosphat (RuBP) dengan dibantu oleh enzim Rubisco sehingga menghasilkan molekul dengan 6 karbon yang sifatnya tidak stabil. karena tidak stabil, molekul ini pecah menjadi 6 molekul 3 fosfogliserat (PGA) dengan 3 atom karbon. 
  •  Tahap Kedua; REDUKSI
6 molekul 3 fosfogliserat (PGA) tadi masing masing menerima fosfat dari ATP(dibutuhhkan 6 ATP) sehingga membentuk 6 molekul 1,3 difosfogliserat (PGAP). Kemudian 6 molekul 1,3 difosfogliserat (PGAP) ini masing masing  tereduksi oleh NADPH dan menyebabkan 1 fosfatnya terlepas sehingga menghasilkan 6 molekul gliseraldehid 3 fosfat (PGAL).
~6 molekul gliseraldehid 3 fosfat (PGAL)  tadi diambil 1 molekul untuk bahan baku glukosa dan 5 molekul sisanya digunakan untuk regenerasi Ribulose 1,5 biphosphate (RuBP).
  • Tahap Ketiga;  REGENERASI
setiap molekul gliseraldehid 3 fosfat memiliki 3 atom karbon. sementara setiap molekul Ribulose 1.5 biphosphate (RuBP) yang akan kita bentuk kembali memiliki 5 atom karbon. sehingga 5 molekul fosfat untuk pembentukan kembali RuBP dapat membentuk 3 molekul RuBP dengan donor fosfat dari 3 ATP. sehingga terbentuklah kembali 3 molekul RuBP untuk fiksasi CO2.
Dalam sekali siklus Calvin akan dikeluarkan 1 molekul gliseraldehid 3 fosfat (PGAL), tumbuhan perlu melakukan 2 kali siklus untuk menghasilkan 2 molekul PGAL yang kemudian akan disatukan menjadi glukosa (Gula berkarbon 6).


#thok's


1 komentar:

Makromolekul III;Pengertian, Struktur, Penggolongan, Sifat, Kegunaan, Uji LIPID/LEMAK

  LIPID 1.     Pengertian Lipid Lemak (lipid) merupakan senyawa yang tidak dapat larut dalam air. Secara umum istilah lemak merujuk pa...