Kamis, 11 Mei 2017

Resensi Buku; Memorabilia 8 Februari

Terbuat Dari Apakah Kenangan?
Hasil gambar untuk memorabilia 8 februari
Judul Buku      : Memorabilia 8 Februari
Jenis Buku       : Fiksi (Kumpulan cerpen)
Penulis             : Winaldo Artaraya Swastia
Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit    : 20 November 2014
Kota Terbit      : Jakarta
Tebal               : 160 halaman


Buku kumpulan cerpen yang berjudul “Memorabilia 8 Februari” ditulis oleh Winaldo Artaraya Swastia. Seorang penulis yang ayahnya menghendakinya menjadi seorang pencipta. Dan dirinya berusaha menjadikan impian ayahnya menjadi seorang pencipta, pencipta novel.
            Memorabilia 8 Februari, berisi 14 cerita pendek berbeda yang menceritakan tentang perjalanan hidup dan proses terbentuknya sebuah kenangan. Diawali dengan cerpen berjudul “Angin ke Barat, Matahari Senja (A Taste of Almond)” yang menceritakan sepasang pasangan lanjut usia dalam perjalanan ke makam anaknya yang pada hari itu merupakan ulang tahunnya ke 50. Dilanjutkan dengan cerpen berjudul “Peron 4”, di sini menceritakan tentang seorang wanita tua yang selalu mengunjungi stasiun yang sudah tidak digunakan saat ulang tahun ayahnya untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada ayahnya. Dan sebuah cerpen terakhir berjudul “Memorabilia 8 Februari” mengisahkan seorang anak yang sangat menyayangi ayahnya.
            Gaya bahasa yang ringan dan menarik membuat pembaca akan merasa seolah terhanyut dalam buku tersebut. Dalam buku ini penulis juga dapat menyisipkan diksi diksi baru bernuansa ajaran Buddha, sehingga pembaca dapat memperoleh kosakata baru tentang ajaran agama Buddha. Namun, penulisan cerita dalam beberapa cerpen memiliki ending yang menggantung sehingga beberapa cerita tidak dapat dicerna dengan baik.



       Buku kumpulan cerita pendek tentang beberapa perjalanan hidup ini sangat disarankan bila masyarakat ingin membelinya. Apalagi bila ingin mengetahui arti dari 8 Februari bagi seorang Winaldo Artaraya Swastia bacalah kumpulan cerpen ini. Pembaca juga akan menemukan pola kecerdikan penulis dalam membuat kejutan-kejutan kecil di setiap ending cerita. Lalu di akhir cerpen akan ada cerpen berjudul Memorabilia 8 Februari, nikmati dan resapi cerita di dalamnya. Sehingga kalian akan menemukan mengapa Winaldo Artaraya Swastia begitu ingin mengenang tanggal 8 Februari. Dan pembaca akan mengetahui jawaban dari pertanyaan. Terbuat dari apakah kenangan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makromolekul III;Pengertian, Struktur, Penggolongan, Sifat, Kegunaan, Uji LIPID/LEMAK

  LIPID 1.     Pengertian Lipid Lemak (lipid) merupakan senyawa yang tidak dapat larut dalam air. Secara umum istilah lemak merujuk pa...